by

Inilah Pesan 16 Syawal 1438.H : “SERIBU HARI”

WARTASULSEL.NET, – Para ahli telah menemukan suatu angka untuk menjawab beberapa masalah kesehatan yang dihadapi oleh dunia saat ini. Angka itu adalah 1000 hari pertama kehidupan (HPK). Angka ini meliputi 270 hari dalam kandungan (9 bulan) dan 730 hari (2 tahun) kehidupan pertama setelah lahir. (12/7/2017)

 

Telah banyak bukti ilmiah yang memperlihatkan pentingnya kehidupan1000 hari pertama in agari ibu dan bayi mendapat asupan gizi dan sekaligus perhatian yang cukup. Kelalaian dalam periode ini akan memberi dampak dalam kecerdasan, pertumbuhan, dan juga penyakit yang muncul pada umur dewasa.

 

Dua kali Allah menyebut angka dua tahun dalam kitab mulia-Nya. Yang pertama adalah perintah menyusui kepada ibu sampai anak berusia 2 tahun dan yang ke dua, adalah perintah untuk berlaku baik kepada kedua orang tua karena ibunya telah bersusah payah mengandung dan menyusuinya sampai usia dua tahun.

 

Ini menunjulkan bahwa pentingnya semua pihak memberi kepedulian tinggi terhadap periode ini yang sering disebut dengan “golden period.”

 

Tidak sedikit kita melihat ibu hamil dari keluarga miskin yang bekerja mencari nafkah padahal mereka harus istrahat yang cukup. Masih banyak ibu hamil yang makanannya tidak berkualitas karena kondisii ekonomi keluaganya.

 

Demikian pula kasus anak gizi buruk akibat tidak mendapat ASI yang optimal atau pola asuh yang baik. Kepedulian semua pihak seharusnya diarahkan untuk menyelamatkan periode 1000 hari pertama ini. Jangan sampai ada di antara mereka yang tidak terpenuhi kebutuhan dasarnya.

 

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Wawashshainal insaana biwaalidaihi hamalathu ummuhuu wahnan ‘alaa wahniw wafishaaluhuu fii ‘aamaini anisykurlii waliwaalidaika ilayyal mashiir (QS Luqman 31:14). Artinya: Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan berterimakash kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada-Ku kembalimu.

 

BANTULAH IBU HAMIL DAN BAYI DARI GOLONGAN ORANG LEMAH YANG ADA DI SEKITARMU.

 

Penulis : Prov.Veni H

Editor : Red ws