by

Pesan 12 Syawal 1438 H : “TADABUR ALAM”

WARTASULSEL.NET, – Mengenal dan mencintai alam lingkungan adalah salah satu aktifitas yang dapat mendekatkan kita kepada Maha Pencipta. Mereka yang mencintai alam dapat melakukannya melalui berbagai kegiatan.

 

Ada yang berkeliling sepeda mengintari alam bebas. Ada yang berkemah di alam terbuka. Ada juga yang menyukai pemandangan alam sambil menikmati air terjun dan aktifitas lainnya.

 

Dr.dr. Hisbullah, SpAn(K), adalah seorang dokter spesialis anestesi di Kota Makassar mendirikan Pesantren Alam yang indah di Kabupaten Barru.

 

Pesantren alam yang terletak di daerah Puncak yang dikenal daerah Bulu Dua ini adalah sekolah alam yang mengintegrasiikan penghapalan ayat-ayat Al-Qur’an dengan keasrian alam yang indah.

 

Para santri diharuskan melakukan kegiatan menanam pohon atau tanaman sayur dan buah dan beraktifitas di alam pegunungan yang sejuk.

 

Tidak heran kalau di pesantren ini ditemukan ratusan tanaman jeruk, ternak rusa, kebun sayur dan buah, serta kolam ikan koi yang cantik.

 

Allah telah menciptakan bumi yang indah utk dinikmati. Kesyukuran akan penciptaan bumi ini harus dihayati sehingga menambah keyakinan manusia akan kekuasaan Allah yang sangat besar.

 

Sebagian manusia melakukan tadabur alam tapi tidak menambahkan ketakutan mereka akan kekuasaan Allah. Tidak ada perbaikan dalam keyakinan mereka akan kebesaran Sang Pencipta.

 

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: innafii khalqissamaawati wal ardhi wakhtilaa fillaili wannahaari la aayaatil liulil albaab. (QS Al-Imran 3:190). Artinya: Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang yang berakal.

 

LAKUKANLAH TADABUR ALAM YANG DAPAT MEENDEKATKAN ANDA DENGAN SANG MAHA PENCIPTA.

 

Penulis : Prof.Veni Hadju

(Red-ws)