by

Inilah 4 Akibat Makan Terlalu Cepat

WARTASULSEL.NET – Pada zaman yang serba cepat seperti sekarang, membuat gaya hidup kita yang serba instan dan cepat, termasuk pula dalam urusan kegiatan makan. Makan cepat dan terburu-buru berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.(7/7/2017)

 

Jika Anda adalah orang yang suka makan cepat atau terburu-buru, Anda harus waspada dengan dampak negatif yang dapat terjadi ketika Anda makan cepat. Maka berikut adalah beberapa akibat yang disebabkan oleh pola makan yang cepat dan terburu-buru, seperti dilansir dari boldsky.com.

 

1. Mengganggu pencernaan

 

Menurut penelitian, makan cepat dapat menyebabkan penyakit “gastroesophageal reflux” yaitu masalah pencernaan yang bisa memicu rasa sakit tajam di dada. Dalam kasus-kasus serius, penyakit ini dapat mengakibatkan penyempitan kerongkongan.

 

2. Makan berlebihan

 

Ketika Anda makan cepat, perut Anda tidak akan punya cukup waktu untuk berkomunikasi dengan otak agar Anda tahu kapan harus berhenti. Akibatnya, Anda akan cenderung untuk makan berlebihan dan banyak.

 

3. Anda tidak menikmati makanan

 

Makan cepat tidak bisa memberikan kenikmatan yang Anda harapkan. Tekstur, rasa, warna, dan aroma makanan harus Anda rasakan agar sinyal kenyang dapat Anda sadari sebelum terlanjur makan berlebihan.

 

4. Berat badan bertambah

 

Seperti dijelaskan sebelumnya, ketika Anda makan cepat, Anda bisa terus makan karena sinyal kenyang di perut tidak cepat sampai di otak. Akibat sering makan berlebihan, Anda akan menumpuk kelebihan kalori menjadi lemak yang membuat Anda gemuk.

 

(wartakesehatan/red-ws)