by

Bersitegang, Nelayan Galesong-Sanrobone Kejar Kapal “Penambang Pasir Laut” Hingga Ke Makassar

WARTASULSEL.NET, – Ratusan masyarakat nelayan dari Galesong raya berlanjut melakukan pengejaran terhadap kapal pengeruk pasir laut yang beroperasi di Galesong Raya dan Sanrobone.(19/6/2017)

Pengejaran ini dilakukan oleh nelayan sekitar pukul 01.00, senin dini hari tadi (19/6) dengan menggunakan puluhan kapal nelayan tradisional. Ratusan masyarakat ini dengan spontan dan memberanikan diri untuk melakukan pengejaran hingga ke wilayah laut Kota Makassar.

Kapal pengeruk pasir Fairway dan dua kapal satelite-nya, yaitu ASL Bulan dan AHT Bora 8 lari berhamburan setelah mengetahui kedatangan ratusan masyarakat.

Masyarakat yang jengkel melihat ulah kru kapal Fairway yang beberapa jam sebelumnya sempat membuat manuver yang membahayakan jiwa ratusan masyarakat nelayan di Galesong Selatan. Terus mengejar dengan kekuatan yang mereka punya.

Melalui radar terlihat bahwa kapal Fairway bergerak menjauhi masyarakat dan menuju ke sebelah utara pulau Kodingareng, yang ada di selat Makassar. Sedangkan kapal ASL Bulan dan AHT Bora 8 menyelamatkan diri ke arah pelabuhan Paotere Makassar.

Aksi pengejaran oleh nelayan ini akan terus berlanjut jika para penambang terus mengeruk pasir laut yang ada di perairan Galesong Raya (Kecamatan Galut, Galesong, dan Galsel) dan Kecamatan Sanrobone, tegas Dg. Naba salah satu nelayan di Galesong.(red ws)