by

Warga Makin Resah, Kapal Hopper Dredger “Kapal Keruk Pasir Laut” Tiba Di Makassar

Foto Ilustrasi

 

WARTASULSEL.NET, – Meski masih menuai protes dari banyak kalangan masyarakat terkait kegiatan Proyek Reklamasi Center Point Of Indonesia (CPI) Di Makasar, namun kegiatan pengerukan tampaknya menjadi pertimbangan khusus dikalangan para pengusaha yang terlibat dalam proyek besar ini.(14/6/2017)

Dari pengakuan salah satu warga Dg. Nojeng, pagi tadi melihat sebuah kapal asing melintas di Perairan Galesong dan Sanrobone dan mencurigai bentuknya yang seperti Kapal Pengeruk Pasir Laut itu menjadi perhatiannya.

Menyikapi laporan dari warga itu, Forum Masyarakat Nelayan kemudian melakukan kroscek dan menelusuri jenis kapal tersebut. Akhirnya diketahui benar bahwa Kapal itu adalah jenis Kapal Hopper Dredger dalam bahasa Indonesianya adalah “Kapal Keruk Pasir Laut” yang berbendera Negara Cyprus dan memiliki nama lambung FAIR WAY.

Keresahan warga pesisir Galesong dan Sanrobone pun kian memuncak, karena diketahui Kapal ini memiliki bobot mati seberat 24000 t, dengan panjang 230,71 meter dan lebar 38 meter yang dibuat pada tahun 1997.

Dari keterangan Dg. Nojeng ini yang melihat Kapal tersebut saat tadi pagi sedang melaut menangkap ikan di seputaran perairan laut Galesong Utara. “Saya lihat Pak ada 6 (enam) buah kapal dengan jenis sama melewati saya dan di Kapalnya ada tulisan Fair Way”, terang Dg. Nojeng ke wartasulsel.

Kekhawatiran warga pun terlihat dari raut mukanya saat diwawancarai, yang menganggap abrasi skala besar akan terjadi dan itu akan rutin tiap tahunnya setiap musim penghujan tiba. Dan kondisi ini, tak sedikit warga yang tinggal di daerah pesisir harus pindah rumah karena terhempas ombak yang tinggi dan deras. (red ws)