by

Terkait ISIS Aksi Di Marawi, Apakah Indonesia Masih Kuat?

Foto : (Diambil dari Detik.com)

 

WARTASULSEL.NET, – Aksi kelompok radikal seperti di Marawi masih sangat sulit untuk dilakukan di Indonesia, kecuali jika ada dukungan luas dari masyarakat dan ada akses senjata untuk melakukan perlawanan kepada aparat keamanan.

Indonesia sangat beruntung memiliki Polri, BIN, TNI dan BNPT. Kemampuan aparat Indonesia cukup kuat untuk menutup celah penggalangan kelompok radikal meluas di masyarakat. Selain itu pengawasan senjata di Indonesia cukup baik dilakukan oleh aparat keamanan sehingga penggunaan senjata ilegal dapat dikendalikan dengan baik.

Namun, ancaman ISIS bagi Indonesia tidak bisa diremehkan. Simpatisan ISIS yang merupakan perseorangan dan kelompok berkali-kali menunjukkan eksistensinya. Jika mereka melebarkan sayap, melakukan propaganda, perekrutan, dan pelatihan untuk melakukan aksi teror, maka jika ada momentum yang tepat aksi teror terjadi di Indonesia.

Aparat keamanan, pertahanan dan intelijen diyakini mampu untuk mendeteksi dan mencegah radikalisasi dan terorisme. Aksi-aksi teror secara sporadis sangat memungkinkan terjadi lagi di Indonesia, mengingat titik rawan untuk celah masuk dan eksistensi sel-sel kelompok radikal masih ada. Selama masyarakat tidak tergalang secara masif oleh kelompok radikal, dan kinerja aparat cukup baik maka aksi ISIS seperti di Marawi dapat dicegah Di Indonesia.

Stanislaus Riyanta, pengamat intelijen dan terorisme, alumnus Pascasarjana Kajian Stratejik Intelijen Universitas Indonesia. (red ws)