by

Tips Puasa Sehat Selama Bulan Ramadhan

WARTASULSEL.NET, – Tidak terasa bulan ramadhan telah tiba. Bulan ini semua umat islam  di wajibkan untuk berpuasa  dengan tidak makan dan minum selama  kurang lebih 12 jam. Namun banyak orang yang belum mengetahui mengenai bagaimana cara puasa yang sehat.  Perlu di ketahui bahwa selain mendapatkan kesehatan Rohani, dalam puasa pun kita perlu mendapatkan kesehatan jasmani.

Berikut tips  sehat selama bulan Ramadhan.
Tips Sehat Puasa Ramadhan :

Makan Sahur.

1. Atur waktu anda menyambut sahur dengan makan sahur di akhir waktu. Gunanya agar menunjang puasa  anda di siang hari. Makan sahur di akhir waktu sangat di anjurkan dan sesuai dengan tuntunan Rasul.

2. Pada saat makan sahur sebaiknya tidak berlebihan. Fokus dengan memakan makanan yang mempunyai kaya gizi  seperti karbohidrat kompleks dan protein,.selain itu mengkomsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung air sangat baik bagi tubuh ita pada saat berpuasa.

3. Akhiri makan sahur dengan meminum susu atau vitamin suplemen sebagai pelengkap nutrisi tubuh anda saat berpuasa.

4. Batasi mengkomsumsi makanan yang mengandung banyak gula karena akan menyebabkan kita lemah pada saat puasa.

5.  Meminum Air putih yang cukup cukup tiga gelas  sebelum waktu imsak tiba. Hindari minuman yang mengandung kafein sepert kopi karena akan membuat tubuh kita cepat kekurangan cairan melalui urinasi
tips  Sehat puasa ramadhan : selama berpuasa.

6. Diwaktu terpanas pada siang hari hindari berlama-lama di terik matahari dan kurangi aktivitas fisik.

7. Manfaatkan waktu setelah shalat dhuhur untuk beristirahat seperti tidur siang.  Upayakan Hindari tidur pagi setelah melaksanakan shalat subuh

8. Jika memiliki waktu luang di sore hari anda bisa  berolahraga  santai seperti bersepeda. hal ini berguna untuk menjaga kebugaran dan memperlancar peredaran darah.
Tips sehat puasa Ramadhan : saat berbuka puasa

9. Pada saat berbuka puasa di anjurkan memakan yang manis-manis. Salah satunya buah kurma sebanyak  tiga buah sesuai dengan tuntunan Rasulullah.

10. Setelah melakukan shalat magrib  makanlah makanan dengan porsi yang seimbang. Tidak berlebihan.

11. Perbanyak meminum air putih untuk memenuhi asupan cairan tubuh setelah berpuasa.

Itulah tips sehat puasa Selama Ramadhan semoga di bulan ramadhan ini kita bisa mendapatkan pahala dan tubuh yang sehat selama berpuasa.(red ws)