by

Inilah Efek Buruk Rokok Elektrik Bagi Gigi

WARTASULSEL.NET, Kesehatan – Dalam sebuah penelitian tunjukkan bahwa rokok elektrik memiliki dampak kepada kesehatan gigi manusia dan gusi layaknya menggunakan rokok yang konvensional. (17/5/2017)

Hasil penelitian dari seorang Professor di University Of Rochester School Of Medicine and Dentistry Amerika Serikat, bahwa ketika uap dari rokok elektrik dibakar, maka sel dalam mulut mengeluarkan protein anti peradangan yang dapat memicu stres pada sel. Hasilnya, stres ini dapat memicu beragai penyakit mulut.

Hampir semua rokok elektrik terdiri dari baterai, komponen pemanas dan catridge untuk menampung cairan (biasanya mengandung perisa, nikotin dan senyawa kimia lain).

Rokok elektronik ini akan memanaskan cairan dari dalam catridge mengubahnya menjadi uap yang dihirup oleh penggunanya. Seberapa banyak dan seberapa sering seseorang menghisap rokok elektrik akan menentukan seberapa besar bahaya yang akan menimpa gusi dan giginya.” kata Rahman.

Studi yang dilakukan oleh University of Rochester Medical Center ditemukan bahwa perisa dalam cairan rokok elektrik ini juga berperan dalam memicu kerusakan sel dalam mulut. Ditemukan bahwa zat perisa dalam rokok ini membuat kerusakan pada sel dalam mulut semakin parah.

“Penting untuk diingat bahwa rokok elektrik mengandung nikotin, zat yang selama ini dikenal memicu penyakit pada gusi, ungkap salah seorang peneliti. (red ws)