by

Mau Hamil?, Hindari Makanan Ini

WARTASULSEL.NET, Kesehatan – Banyak pasangan yang merasa galau karena tak kunjung hamil meski sudah melakukan berbagai usaha. Kesehatan dan kesuburan jadi faktor utama yang perlu diperhatikan. Sebuah studi kajian yang dilakukan oleh Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menyatakan bahwa jenis makanan yang kamu konsumsi bisa jadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuburan.

Pola makan yang sehat saat berusaha hamil telah terbukti mampu meningkatkan angka keberhasilan kamu. Rajin konsumsi buah, sayur, dan biji-bijian sangat baik bagi kesehatan tubuh. Hindari makanan yang mengandung bahan kimia dan pengawet juga amat dianjurkan bagi ibu hamil maupun yang sedang berusaha hamil.

Ini dia sederet makanan yang harus kamu hindari jika ingin segera hamil atau menjaga kondisi kandungan tetap sehat!

1. Ikan Bermerkuri
Ikan yang mengandung merkuri tinggi seperti tuna bisa menganggu kondisi janin jika kamu sedang mengandung. Kandungan merkuri yang tinggi bisa memengaruhi perkembangan saraf bayi.

2. Makanan Dengan Lemak Trans
Kandungan lemak trans yang tinggi terdapat pada aneka makanan instan seperti keripik kentang, popcorn, aneka gorengan, serta makanan yang dibakar. Lemak trans bisa menyebabkan inflamasi dan resistensi insulin yang dapat menurunkan tingkat kesuburan kamu. Pada pria, terlalu banyak mengonsumsi makanan tak sehat ini bisa menurunkan kualitas dan jumlah sperma.

3. Susu Low Fat
Aneka susu rendah lemak, yoghurt, dan olahan susu mengandung androgen, atau hormon seks yang ada pada pria. Jika terlalu banyak dikonsumsi perempuan, makanan yang satu ini bisa menganggu siklus menstruasi kamu.

4. Makanan Mentah
Semua jenis makanan mentah seperti daging, seafood, dan telur mungkin saja mengandung bakteri salmonella, coliform bacteria, atau toxoplamosism yang bisa menginfeksi janin. Bakteri tersebut bahkan bisa menembus plasenta.

5. Daging Olahan
Kita semua tentu memahami bahwa aneka daging olahan tak baik untuk dikonsumsi. Seperti sosis, daging ham, dan ikan asap. Semuanya mengandung banyak bakteri atau listeria.

6. Alk
Rasanya kamu semua sudah paham soal dampak negatif alkohol bagi tubuh kamu. Ibu hamil amat sangat tak disarankan untuk mengonsumsi alkohol. Alkohol mengandung merkuri yang bisa memengaruhi kesuburan. Alkohol juga menguras cadangan vitamin B yang ada dalam tubuh kamu.
(red ws/wartakesehatan)