by

Stadion Barombong Masih Butuh Seratus Miliar Lebih

WARTASULSEL.NET, Makassar – Kehadiran Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla dan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo, menyaksikan laga PSM kontra Persija Jakarta pada Minggu kemarin 30/4 malam, di Stadion Andi Matalatta menjadi momentum bagi para suporter PSM untuk mengaspirasikan percepatan pembangunan Stadion Barombong.

Gubernur Syahrul YL sampaikan bahwa jika tahun ini anggaran penyelesaian pembangunan Stadion Barombong akan diusulkan kepada DPRD Sulsel sebesar Rp40 Miliar untuk masuk pada pembahasan perubahan anggaran tahun 2017. Stadion Barombong masih membutuhkan dana sekitar 120 miliar,” ujar Syahrul Yasin Limpo, usai acara Kirab Prestasi Pelajar di Rumah Jabatan Gubernur, Senin 1/5 lalu.

Syahrul YL jelaskan bahwa realisasi pembangun Stadion Barombong akan segera dipercepat dengan menggunakan sepenuhnya dana yang bersumber dari APBD Provinsi Sulsel. Meski Stadion Barombong sudah rampung sekitar 60 sampai 70 persen sudah bisa dipergunakan.

“Itu sudah bisa dipake, tapi karena tribunnya belum sepenuhnya tertutup. Nah sekarang ini yang tertutup kira – kira baru 60 sampai 70 persen, jadi masih ada 30 persen. Kalau kita tambah 40 miliar di perubahan anggaran dan DPRD setuju, maka kira – kira butuh sekitar seperempat persen lagi,” katanya.

Terkait dana dari pusat SYL ungkapkan bahwa dana tersebut belum cair hingga hari ini. Meski sebelumnya Menpora dan Wapres Jusuf Kalla pernah meninjau langsung pembangunan Stadion Barombong, yang mana saat itu Menpora menjanjikan dana sebesar Rp80 miliar untuk Stadion Barombong. “Nah itu sudah dijanji namun belum ada realisasi saat ini. Wapres JK sudah pernah tinjau sama Menpora, kita dijanji bantuan 80 M tapi anggarannya justru dipotong. Maka ini jadi salah satu kendala” ujar SYL.

Terlepas dari hal itu, SYL meminta kepada awak media untuk menyoroti adanya pertokoan di areal parkir Stadion Barombong. Ruko – ruko yang menutupi interpal parkir dan jangan menunggu pihak Gubernuran menegur dikiranya nanti kami yang punya kepentingan, ujar SYL lagi.

Sekadar diketahui Stadion berkapasitas 45 ribu penonton itu digadang-gadang menjadi stadion terbesar di Sulawesi Selatan.(red ws/abarnews)