by

Prof. Aminuddin Salle : Kenalkan Sekolah Adat Karaeng Galesong pada “Gaukang Karaeng Galesong” Di Takalar

WARTASULSEL.NET, – Hari Ulang Tahun “Gaukang Karaeng Galesong” yang 256 kemarin, sangat meriah yang dihadiri oleh Para Raja Nusantara dan tamu-tamu dari tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta dimeriahkan oleh kesenian pencak silat di Rumah Adat Karaeng Galesong (Balla Lompoa) di Desa Galesong Baru Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar.(28/4/2017)

Hadir dalam acara “Gaukang Karaeng Galesong” ini, DYMM Sultan Demak, Karaeng Laikang, Karaeng Parigi, dan Karaeng Sanrobone. Acara semakin meriah dengan hadirnya Ganrang Pakanjara’, Pencak Silat Tabbala’ Tubaranina Galesong, serta tari-tarian yang diperankan oleh Putra-Putri terbaik Galesong.

Perayaan ulang tahun ini, rutin di lakukan oleh keturunan Karaeng Galesong ini yang dinamakan dengan “Gaukang Karaeng Galesong” yang Ke-256. Setiap tahun dilaksanakan di Rumah Adat Karaeng Galesong bernama “Balla Lompoa Galesong”.

Dalam kesempatan itu, Prof. DR. Aminuddin Salle Karaeng Patoto’ dalam sambutannya mengungkapkan bahwa adat istiadat harus senantiasa kita lestarikan dan kembangkan bahkan pekerjaan rumah kami di FPG kedepan adalah bagaimana memperkenalkan kepada Dunia/Internasional tentang kehadiran “Sekolah Adat Karaeng Galesong” (disingkat SAKG) pertama di Indonesia bahkan di Dunia saat ini, tegasnya

Selain menyinggung Sekolah Adat Karaeng Galesong, Karaeng Patoto yang selaku Ketua Dewan Pembina FPG (Forum Pemerhati Galesong) Pusat, juga mengungkapkan bahwa mari sebagai orang Galesong bangga karena Galesong juga dijadikan sebagai Desa Pancasila dan Konstitusi, terang Karaeng Patoto’. (Romo/red ws)