by

ISKINDO Gelar Diskusi “Polemik Tambang Pasir Galesong” Di Hertasning Makassar

Wartasulsel.net, – Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo) Sulawesi Selatan hari ini akan menggelar diskusi publik membahas polemik penambangan pasir laut di Galesong Takalar. (28/3/2017).

 

Dari surat yang dikeluarkan oleh Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Sulawesi Selatan secara resmi meminta tanggapan publik terhadap Permohonan Izin Lingkungan Pertambangan Pasir Laut di Galesong dan Galesong Selatan.

 

Izin diajukan untuk penambangan pasir laut di wilayah ruang laut seluas 1.000 ha. Dalam surat resmi ini disampaikan bahwa penambangan pasir laut diperkirakan menimbulkan dampak negatif dan positif baik secara sosial, ekologi/lingkungan maupun ekonomi masyarakat.

 

Untuk merangkum opini, tanggapan dan pandangan publik terhadap hal ini, baik dari akademisi, NGO, masyarakat maupun pemerintah, ISKINDO kemudian menggelar kegiatan ini untuk mendiskusikannya dengan mengangkat tema ” Marine Policy Corner : Polemik Penambangan Pasir Laut”.

 

Kegiatan yang rencana hari ini akan digelar akan mengundang dan menghadirkan akademisi, NGO, masyarakat maupun pemerintah. Dan rencananya akan dilaksanakan di warkop di Makassar.

 

Adapun pemateri atau pembicara utama adalah :

 

1. DR. Syafiuddin Yusuf, ST, M.Si (Pakar Ekologi-UNHAS)

 

2. DR. Mahatma, ST, M.Si (Pakar Oseanografi-UNHAS)

 

3. Forum Peduli Galesong (Jamaluddin Ago)

 

4. Aliansi Selamatkan Pesisir Makassar (Aswar Eswar – Direktur Walhi Sulsel)

 

5. Kepala Dinas Perikan dan Kelautan Propinsi Sulawesi Selatan (sedang dikonfirmasi)

 

6. Kepala Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPHL) Sulawesi Selatan (sedang dikonfirmasi)

 

Kami mengajak kawan-kawan untuk sumbang ide dan pandangan pada diskusi ini, ungkap ketua Iskindo Sulsel DR. Abd. Gaffar,ST.,M.Si

 

(Red Ws)