by

Unjuk Rasa Tanpa Lapor, Illegal

Makassar, Maraknya aksi demonstrasi di kalangan mahasiswa dan elemen masyarakat di sulsel khususnya di Makassar yang pada setiap harinya berlangsung aksi penyampaian pendapat atau unjuk rasa menyikapi kebijakan pemerintah maupun issue yang berkembang di masyarakat.

Pada umumnya pelaksanaan aksi unjuk rasa yang berlangsung selama ini belum ada yang menyampaikan secara tertulis kepada pihak kepolisian sebagaimana telah diatur dalam UU No. 9 tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum.

Perilaku para pendemo didalam melaksanakan aksinya selalu membakar ban dan menutup badan jalan sehingga mengganggu kepentingan umum, pihak kepolisian seharusnya mengambil tindakan untuk membubarkan para pendemo yang tidak mempunyai STTP (Surat tanda terima pemberitahuan) karena sudah mengganggu kepentingan umum namun pihak kepolisian masih terjadi dilema karena UU No. 9 tahun 1998 belum disosialisasikan secara maksimal.

Belum ada upaya maksimal dari petugas kepolisian untuk menertibkan permasalahan tersebut hal ini dibuktikan dengan aksi-aksi yang dilaksanakan di Makassar marak meskipun aksi tersebut tanpa ijin dan mengganggu lalu lintas.