by

Kenapa Makassar Jadi Sarang Pendemo?

Makassar, Menyorot berbagai aksi demonstrasi yang setiap hari hampir terjadi di beberapa titik di kota makassar yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa, aktifis, maupun masyarakat, hal tersebut sangat mengganggu pengguna jalan yang lainnya sehingga Makassar secara nasional dikenal dengan sarang para pendemo.

Dari beberapa penelitan kelompok pendemo mahasiswa dan aktifis dibebrapa kampus di makassar rupanya hal tersebut sengaja dimamfaatkan oleh kelompok tertentu untuk meraih keuntungan dalam bentuk rupiah yang mana hal tersebut merupakan settingan dari oknum tokoh politik ataupun pejabat pemerintah lainnya terhadap kelompok tertentu untuk melakukan aksi demo.

Kurangnya pemahaman para demonstran terhadap tata cara penyampaian pendapat dimuka umum sebagaimana yang diatur dalam UU No 9 tahun 1998 sehingga pada pelaksanaan Demo acap kali para mahasiswa melakukan penutupan jalan, bakar ban bekas bahkan penyanderaan mobil dan pada akhirnya terjadi benturan dengan pihak keamanan.

Lemahnya pengawasan oleh pihak terkait terhadap para demonstran sehingga pada pelaksanaan demo sering kali dijumpai tanpa ijin atau Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) oleh pihak kepolisian. (Inno)