by

Jaga Takalar Tetap Damai

KPU telah merampungkan penghitungan suara di Pilkada Takalar dengan lancar, aman dan damai. Pihak kemananan masih terus berjaga dan siaga 1 di Takalar hingga penetapan calon tanpa sengketa. Penjagaan ketat yang dilakukan oleh aparat keamanan untuk mencegah adanya infiltrasi atau provokasi unsur-unsur dari luar masyarakat takalar.

Dengan adanya unsur-unsur lain atau isu-isu yang beredar di Takalar maka perlu adanya pencegahan agar tidak terjadi konflik antar masyarakat. Era globalisasi yang ditandai dengan perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, komunikasi, dan informasi telah mendorong perubahan dalam aspek kehidupan manusia, baik pada tingkat individu, tingkat kelompok, maupun tingkat nasional. Masyarakat sudah mulai pintar atau cerdas untuk tetap menjaga keutuhan daerahnya yang indah itu. Masyarakat tidak akan mendengarkan teriakan-teriakan yang dapat membuat warga masyarakat Takalar terpecabelah dari pihak-pihak yang menginginkan Kab. Takalar tidak damai.

Masyarakat Takalar tetap menjaga persatuan dan kesatuan dengan tetap menjalin hubungan baik dengan sesama masyarakat. Siapapun yang menjabat sebagai Bupati/Wakil Bupati Kab. Takalar yang terpilih itulah seorang pemimpin yang akan memimpin Masyarakat Takalar menjadi lebih baik dan menjadikan Kab.Takalar ini lebih maju. Masyarakat berharap agar selalu tercipta situasi aman dan kondusif dalam pilkada serentak, khususnya di Kab. Takalar Sulawesi Selatan untuk tetap terjaganya kesatuan dan persatuan masyarakat Kab. Takalar.

Persatuan dan kesatuan masyarakat Takalar yang saat ini terjadi dalam proses yang dinamis dan sudah berlangsung lama. Persatuan dan kesatuan terbentuk dari proses yang tumbuh dari unsur-unsur sosial budaya masyarakat itu sendiri, yang ditempa dalam jangkauan waktu yang lama sekali. Unsur-unsur sosial budaya itu antara lain seperti sifat kekeluargaan dan jiwa gotong-royong. Kedua unsur itu merupakan sifat-sifat pokok Masyarakat Takalar yang dituntun oleh asas kemanusiaan dan kebudayaan yaitu budaya “Siri”.

Mari kita jaga Takalar tetap aman dan damai dengan menjunjung tinggi budaya kita.

nrd/opini